Selamat Datang Di Website Resmi, SUARA INDEPENDEN JURNALIS INDONESIA

Putusan Anomali MA terhadap Kasus Rue dengan Tidak Mempertimbangkan Kesalahan Penerapan Hukum


Pontianak - Seorang Terdakwa Dugaan Kasus memaksa anak untuk melakukan perbuatan cabul atas nama Muhammad Rue Savaelja telah mengajukan Permohonan Kasasi ke Mahkamah Agung Republik Indonesia. 

Sebelumnya ia diputus bersalah melakukan tindak pidana yang diatur dalam Pasal 82 ayat (2) UU tentang Perlindungan Anak dan dijatuhi pidana penjara selama 7 tahun oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Pontianak sebagaimana Putusan Pengadilan Negeri Pontianak Nomor 182/Pid.Sus/2023/PN Ptk, tanggal 22 Agustus 2023.

Alasan kasasi yang diajukannya antara lain Majelis Hakim tingkat Pertama yang dikuatkan oleh Majelis Hakim Tingkat Banding menyatakan Rue terbukti melakukan perbuatan cabul tersebut berdasarkan alat bukti petunjuk yang didapatkan dari keterangan ahli, sehingga Pengadilan Negeri Pontianak dan Pengadilan Tinggi Pontianak telah salah dalam menerapkan hukum dan melanggar ketentuan hukum sebagaimana diatur dalam Pasal 188 KUHAP.

Namun apa 'jawaban' Mahkamah Agung, dalam hal ini Majelis Kasasi yang dipimpin oleh Hakim Agung Dr. Desnayeti, M. S.H., M.H., tersebut, bahwa alasan kasasi terdakwa berkenaan dengan penilaian hasil pembuktian yang bersifat penghargaan tentang suatu kenyataan, alasan kasasi yang demikian tidak dapat dipertimbangkan dalam pemeriksaan pada tingkat kasasi, karena pemeriksaan pada tingkat kasasi hanya berkenaan dengan tidak menerapkan hukum atau peraturan hukum tidak diterapkan sebagai mana mestinya, atau apakah cara mengadili tidak dilaksanakan menurut ketentuan Undang-Undang, dan apakah Pengadilan telah melampaui batas wewenangnya, sebagaimana yang dimaksud dalam Pasal 253 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1981 tentang Hukum Acara Pidana (KUHAP).
Oleh karenanya menurut Mahkamah Agung Republik Indonesia, berdasarkan pertimbangan di atas putusan judex facti (Pengadilan Negeri dan Pengadilan Tinggi) dalam perkara ini tidak bertentangan dengan hukum dan/atau undang-undang.
Sementara itu. 

Penasihat Hukum Muhammad Rue Savaelja bin Teja Surya, Eka Kurnia Chrislianto, S.H., mengapresiasi putusan mahkamah agung tersebut dan pihaknya masih terus melakukan kajian untuk upaya hukum lainnya yang relevan dan konkrit.

“Perlu kembali kami tegaskan bahwa, adanya adagium dalam hukum yang berbunyi: Res Judicata Pro Veritate Habetur yang artinya “putusan hakim harus dianggap benar”. Proses Kasasi telah diputus dan sudah berkekuatan hukum tetap. Kami angkat topi untuk Mahkamah Agung. Kekecewaan itu pasti ada, karena MA di sini justru mengabaikan poin penting dalam Memori Kasasi kami yaitu Kesalahan Penerapan Hukum Pembuktian dalam Pertimbangan Hukum Majelis Tingkat Pertama dan Majelis Tingkat Banding. Jadi, sedikit lucu apabila dikatakan penilaian hasil pembuktian yang bersifat penghargaan tentang suatu kenyataan,” jelas Eka.

“Sangatlah tidak adil apabila Pemohon Kasasi yaitu Muhammad Rue dikatakan “Bahwa terdakwalah yang melakukan kekerasan sebagaimana Pasal 82 ayat (2) UU tentang Perlindungan Anak, dengan pertimbangan pada penglihatan dan pendengaran majelis hakim di persidangan, anak korban dapat menerangkan dengan lugas bahwa pelaku yang mencolakkan jari tangan kedalam vagina korban adalah Terdakwa, kemudian disebutkan terdapat bukti petunjuk berdasarkan keterangan-keterangan saksi dan juga ahli, padahal diketahui bahwa dalam hukum pidana dikenal teori tiada pidana tanpa kesalahan yang berarti bahwa setiap perbuatan pidana selalu didasarkan pada kesalahan seseorang,” terang Eka.

Sementara itu ibu dari Terdakwa, DA juga menyampaikan keluh kesahnya saat ini, bahwa ia tidak dapat menerima putusan tersebut dengan lapang dada karena yang dia Yakini bahwa anaknya tidak pernah melakukan perbuatan sebagaimana yang dituduhkan padanya. 
“Karenai putusan tersebut sampai hari ini saya sebagai seorang ibu yang begitu tahu dan dapat melihat kejujuran anak saya bahkan proses dari awal juga saya tahu, saya ada rekaman anak saya dipaksa untuk jadi tersangka. Sekarang dia menderita dan dihukum atas perbuatan yang sampai saat ini, perbuatan itu tidak pernah dia lakukan,” terang DA.

DA menyatakan sudah melaporkan kembali ke Polri terkait dengan dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh Aparat Kepolisian Polresta Pontianak akan tetapi Laporannya ditutup dengan alasan sudah dilakukan pemeriksaan.

“Saya masih akan terus berteriak demi keadilan dan kebenaran untuk anak saya, saya akan lakukan apapun agar tidak ada lagi ibu-ibu di luar sana yang merasakan hal yang serupa,” tutup DA kepada wartawan.

LBH Kapuas Raya Indonesia
Eka Kurnia Chrislianto, S.H

Media www.kaltim.siji.or.id

0 Komentar